Sabtu, 08 Agustus 2009

TEKNOLOGI BUSI (2)

. 25 Juni 2009
0 Komentar

Busi juga memiliki peran penting dalam efisiensi bahan bakar, selain cara mengemudi yang benar, kondisi ban serta bobot kendaraan dan pengendara. Jika kita memilih busi yang benar maka tenaga mesin akan bertambah

Secara umum, sekarang ini jenis busi ada dua macam sesuai bentuknya. Busi berelektoda dan yang high performance, masing-masing mempunyai karakteristik dan kode-kode yang berbeda dan tertera pada lapisan keramik busi yang menunjukkan tipenya. Biasanya dianalogikan dengan panas dan dingin. Seperti NGK, misalnya angka 1-8 berkarakter panas, sedang 9 - 14 menandakan busi dingin. Kebalikan dengan busi Bosch, angka besar menunjukkan panas dan angka kecil dingin.

Nah, jika sudah memahami angka, kini celah antara side electrode dan center electrode. Maksudnya gap (kerengangan) dan panjang ulir secara keseluruhan. Tujuannya agar kepala busi tidak bersentuhan dengan piston saat dalam konsisi TMA (Titik Mati Atas). "Paling tidak, jarak antara elektrodenya 0,8 sampai 1 mm

Selain celah, perlu diperhatikan juga bahan di center electrode. Ada 4 macam dengan material beragam. Mulai dari copper, silver, platinum dan iridium. Saat ini yang lagi tren berbahan dasar iridium yang elektroda tengahnya berbentuk jarum.

Untuk membedakannya secara lebih spesifik, bisa dengan metode menghubungkan kabel positif dan negatif multi tester ke belah sisi ujung busi. Jika angka menunjukkan 4,7 - 5,2 ohm, artinya busi iridium atau beresistor. jika didapat dapat angkanya di bawah itu berarti busi non-resistor.

Kemudian busi jenis high performance yang tonjolan elektrodanya di tengah tidak tampak. Karakteritis busi ini lebih dingin dari iridium biasa.Penggunaannya khusus buat mobil-mobil yang berkompresi sangat tinggi dan di bawah pengaruh boost turbo.

Keunggulan busi iridium antara lain, bahan baku yang digunakan oleh busi iridium adalah nikel, selain bahan yang berkualitas tinggi, busi iridium juga memiliki diameter elektroda yang lebih kecil dibanding busi biasa, yakni 0,4 mm. Akibatnya, ledakan bunga api bisa terfokus disatu tempat dan dengan kekuatan yang lebih tinggi. Bagian inti elektroda busi iridium juga biasanya disambung dengan menggunakan las laser.

(diambil dari berbagai sumber)

22 Juni 2009

Kronologis Perpecahan Formula 1

. 22 Juni 2009
0 Komentar

1. Krisis finansial dunia memicu mundurnya Honda dari Formula 1.

Ini dianggap warning oleh FIA, bahwa kebiasaan jor-joran duit yang dilakukan para pabrikan membahayakan masa depan F1.

2. FIA mengeluarkan aturan ekstrem untuk 2010.

Tujuan: Menciptakan kompetisi yang sustainable dan menguntungkan untuk semua peserta, sekaligus mempermudah hadirnya tim-tim baru seandainya pabrikan memilih keluar.

Cara: Memaksakan budget cap, membatasi anggaran maksimal tim menjadi 40 juta poundsterling (sekitar Rp 650 miliar) semusim. Tim yang mau ikut budget cap diberi kelonggaran regulasi.

3. Tim-tim yang tergabung dalam FOTA tersinggung, khususnya tim-tim "kaya." Mereka paling tidak suka dengan pembatasan anggaran, khususnya tentang kelonggaran regulasi bagi mereka yang ikut program itu. FIA dianggap membuat dua lomba yang terpisah dalam satu even. FOTA juga bilang, mereka sudah berupaya kompak menekan biaya tanpa harus dipaksa regulasi.

4. Ferrari paling marah, karena menganggap FIA telah melanggar hak veto Kuda Jingkrak. Di sini terungkap, bahwa Ferrari dan FIA punya kesepakatan rahasia, bahwa sejak 1998 semua regulasi F1 harus disetujui oleh Ferrari. Kata FIA: Hak veto Ferrari tidak dilanggar. Mereka bilang Ferrari diam saja ketika regulasi baru kali pertama disampaikan. World Motor Sport Council (sidang balap dunia) menolak gugatan Ferrari.

5. FOTA makin marah. Menganggap FIA telah semena-mena. Tim-tim FOTA bukan hanya menuntut regulasi berbeda, mereka juga mulai menuntut hak-hak lain lebih besar, khususnya dalam pembuatan keputusan dan urusan komersial.

6. FOTA dan FIA berdiskusi, usulan-usulan kompromi dibicarakan. Termasuk menunda budget cap hingga 2011. Kompromi tak kunjung disepakati, sementara deadline pendaftaran F1 2010 tiba pada 29 Mei 2009.

7. Pada 29 Mei, 15 calon tim baru mendaftarkan diri. Williams dan Force India "membelot" dari FOTA, mendaftarkan diri dan menerima segala keputusan FIA. Delapan tim yang masih tergabung di FOTA pun kompak mendaftar bersama, tapi hanya mau diterima bersama kalau FIA mau menuruti syarat-syarat yang mereka ajukan.

8. Pada 12 Juni, FIA mengumumkan tim-tim peserta F1 2010. Ada tiga tim baru, Williams, Force India, plus delapan tim FOTA. Hanya saja, Ferrari, Red Bull, dan Toro Rosso diterima tanpa syarat, FIA menganggap mereka sudah meneken kontrak untuk tampil di F1 hingga 2012. Sementara lima tim lain (Toyota, Renault, BMW, McLaren, dan Brawn) harus mencabut segala tuntutan kalau ingin diterima. Mereka diberi waktu sampai 19 Juni untuk melakukan itu.

9. Delapan tim FOTA mengaku kompak. Diterima bersama, atau ditolak bersama. Berbagai upaya kompromi kembali dilakukan. Karena tak kunjung sepakat, FIA mengultimatum FOTA untuk menurut dan menawarkan kompromi terakhir: Budget cap ditunda hingga 2011, dan perjanjian komersial bisa dibahas setelah semua tim mendaftar.

10. Delapan tim FOTA tetap tak mau kompromi. Kamis lalu, 18 Juni, mereka pun menyatakan akan membuat seri balap tandingan pada 2010 nanti. Alasan mereka: Ingin menciptakan seri balap yang lebih transparan dan lebih "adil" dalam hal regulasi dan komersial.

11. Ditunggu ya kelanjutannya

(sumber harian pagi Jawa Pos - http://www.jawapos.co.id)

21 Juni 2009

HASIL F1 INGGRIS 2009

. 21 Juni 2009
0 Komentar

Berita perpecahan Formula 1 sepertinya cukup menggaung pada pelaksanaan Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone hari ini (21/6/09). Perseteruan regulasi antara FIA vs FOTA terus berlanjut.

Balapan hari ini tak seseru perang antara FIA vs FOTA, sejak awal Sebastian vettel memimpin lomba, Andalan BrawnGP diwakili oleh Rubens Barrichello di posisi ketiga sedangkan Jenson Button start diposisi kelima harus finish diposisi ke enam turun satu peringkat.

Dari hasil ini Jenson Button tetap memimpin klasemen sementara pembalap dan klasemen konstruktor masih BrawnGP yang memimpin

Berikut hasil F1 di sirkuit Silverstone Inggris

1. Sebastian Vettel RBR-Renault
2. Mark Webber RBR-Renault
3. Rubens Barrichello Brawn-Mercedes
4. Felipe Massa Ferrari
5. Nico Rosberg Williams-Toyota
6. Jenson Button Brawn-Mercedes
7. Jarno Trulli Toyota
8. Kimi Räikkönen Ferrari
9. Timo Glock Toyota
10. Giancarlo Fisichella Force India-Mercedes
11. Kazuki Nakajima Williams-Toyota
12. Nelsinho Piquet Renault
13. Robert Kubica BMW Sauber
14. Fernando Alonso Renault
15. Nick Heidfeld BMW Sauber
16. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
17. Adrian Sutil Force India-Mercedes
18. Sebastien Buemi STR-Ferrari
19. Sebastien Bourdais STR-Ferrari (out)
20. Heikki Kovalainen McLaren-Mercedes (out)

TEKNOLOGI BUSI (1)

.
0 Komentar


Busi merupakan salah satu komponen penting pada mesin bensin dimana fungsinya untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah dikompresikan di dalam ruang bakar. Busi diperkenalkan pertama kali pada 2 pebruari 1839 oleh Edmond Berger. Sedangkan busi untuk motor dibuat oleh Albert Champion tahun 1904.

Seiring dengan perkembangan teknologi, tuntutan akan api berkualitas mutlak dibutuhkan, oeh karena itu spesifikasi busi mengalami evolusi yang cukup signifikan. Untuk itu selalu dianjurkan menggunakan busi sesuai dengan kebutuhan mesin agar tenaga yang oleh mesin dihasilkan dapat maksimal.

Saat ini banyak ditemukan macam-macam busi, secara fisik jelas kita dapat melihat dari perbedaan bentuk elektroda, macam bahan yang digunakan ataupun jenis busi berdasarkan pemakaian yang ditulis dalam bentuk kode busi.

Bentuk Elektroda
Awalnya hanya busi menggunakan model roof electrode (satu kaki) tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka sekarang banyak busi yang memiliki model side electrode (dua kaki), multi-pole electrode (3 kaki), open electrode (tanpa kaki) bahkan kini tercipta busi dengan model electrode central (busi jarum). Semuanya dibuat untuk kebutuhan yang disesuaikan dengan kendaraan kita.

Material (bahan) dan Desain
Duulunya busi menggunakan bahan dari tembaga, dan kini mulai menggunakan bahan yang berkualitas tinggi seperti perak, emas dan platinum (emas putih) yang konon dianggap paling baik sebagai penghantar dibanding bahan yang lain.

Tipe Busi
Berhati-hatilah jika ada hendak membeli busi, pastikan busi yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan anda. Memilih busi tidak dlihat dari tempat dimana kita tinggal, kalau kita tinggal di daerah pegunungan enaknya menggunakan busi tipe busi dingin atau busi panas???


Jika kendaraan yang kita pakai sering dipakai kecepatan tinggi atau menyala non stop, maka kita pakai busi tipe dingin. Soalnya busi tipe ini sangat cepat melepas panas yang merembet dari ruang bakar menuju bodi mesin. Ciri-ciri busi tipe ini adalah memiliki insulator pendek.
Sedangkan untuk busi tipe panas akan menyiman panas lebih lama sehingga busi ini cocok digunakan untuk harian atau mesin menyala secara berkala. (stop & go).ciri-cirinya memiliki insulator yang panjang (bersambung)

20 Juni 2009

Hasil Kualifikasi F1 Silverstone 2009

. 20 Juni 2009
0 Komentar

Jenson Button melejit jauh di puncak klasemen pembalap. Button sudah mengantongi 61 poin, 26 lebih banyak dari Rubens Barrichello. Button belum ingin rileks dulu. Paling tidak, sampai seri kedelapan berakhir. Sebab, besok, Button akan tampil di hadapan pendukungnya sendiri, di Grand Prix Inggris.

Kemungkinan lomba ini juga menjadi catatan sejarah, karena ada kemungkinan ini adalah lomba terakhir yang diselenggarakan di Sirkuit Silverstone. Mulai tahun depan, GP Inggris memang "pindah rumah," ke Sirkuit Donington Park.

Menang di Silverstone merupakan impian bagi pembalap Inggris,. Termasuk untuk Button. Semua nama besar Inggris pernah merasakan sukses di sirkuit bekas bandara pesawat perang tersebut. Nigel Mansell, Damon Hill, Johnny Herbert, David Coulthard, bahkan Lewis Hamilton sudah merasakan menang di sana.

Masalahnya, Button tidak punya rekor meyakinkan di Silverstone. Sembilan kali tampil di sana, hasil terbaiknya adalah finis di urutan keempat. Bahkan, dia telah gagal meraih poin di sana sejak 2005.

Yang membuat lomba ini bakal lebih menantang, Barrichello punya rekor lebih baik di Silverstone. Pembalap Brazil itu pernah menang di sana pada 2003, saat bersama Ferrari. Tahun lalu, saat naik mobil Honda yang lamban, Barrichello juga mampu finis di urutan ketiga.

Berikut hasil kualifikasi Grand Prix Inggris

1. Sebastian Vettel RBR-Renault
2. Rubens Barrichello Brawn-Mercedes
3. Mark Webber RBR-Renault
4. Jarno Trulli Toyota
5. Kazuki Nakajima Williams-Toyota
6. Jenson Button Brawn-Mercedes
7. Nico Rosberg Williams-Toyota
8. Timo Glock Toyota
9. Kimi Räikkönen Ferrari
10. Fernando Alonso Renault
11. Felipe Massa Ferrari
12. Robert Kubica BMW Sauber
13. Heikki Kovalainen McLaren-Mercedes)
14. Nelsinho Piquet Renault
15. Nick Heidfeld BMW Sauber
16. Giancarlo Fisichella Force India-Mercedes
17. Sebastien Bourdais STR-Ferrari
18. Adrian Sutil Force India-Mercedes
19. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
20. Sebastien Buemi STR-Ferrari

15 Juni 2009

Pengumuman Kelulusan SMK 2009 Kota Malang

. 15 Juni 2009
2 Komentar

Capek banget hari ini…

Siang ini saya baru saja menginjak kota Malang kembali setelah beberapa hari “ngelencer” ke Bali dan Rumah Mertua di Situbondo.
Cuacanya masih sama, hawanya juga masih sama tetapi suasana hati saya hari ini benar-benar berbeda dengan saat saya meninggalkan kota Malang beberapa hari yang lalu. Betapa tidak semenjak pengumuman kelulusan murid-murid saya kelas 3 (tiga) SMK ditunda dan sampai hari ini masih saja ditunda gara-gara data dari pusat masih belum beres (Radar Malang edisi 15 Juni 2009) banyak orang tua siswa yang telpon ke saya nanya soal kelulusan.

“Gimana pak pengumumannya sudah keluar??” Berulang kali pertanyaan yang sama terlontar dari para orang tua siswa melalui telpon. Coba saja kalo saya punya ilmu nerawang, barangkali nasib siswa saya sudah saya terawang hehehehehe……..

Sekedar berbagi saja, maaf…
Beberapa hari ini gak menyambangi blog saya.. biasanya tiap akhir pekan posting hasil balapan, tetapi akhir pekan kemaren gak posting sama sekali, balapannya sih lihat, seru dan mendebarkan, tetapi mau posting ga bawa laptop n ga ada akses internet hehehehehehe dasar males.....

10 Juni 2009

Mengisi Bensin Di SPBU

. 10 Juni 2009
1 Komentar

Perlu anda ketahui bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Dan yang pasti yang perlu anda ketahui juga kenaikan suhu 1 derajat saja sangat berpengaruh terhadap bensin.
Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bensin akan mengembang.
Jadi jika membeli bensin pada siang hari atau petang hari....sebenarnya bensin yang diisikan ke dalam tangki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.

Nah jika kita ingin mengisi bensin sesuai takaran, berarti kita harus mengisi saat pagi-pagi saat kondisi tanah disekitar SPBU masih dingin. sehingga bensin yang kita dapatkan tidak menyusut jumlahnya.


ISI BENSIN SAAT TANGKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH


Semakin banyak bensin yang ada di tangki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tangki. Nah saat bensin ditangki jumlahnya sedikit maka bensin akan menguap lebih cepat. Apalagi kalo kondisi sekitar panas akan lebih cepat lagi proses penguapannya. kemudian uap itu akan keluar melalui ventilasi pada tangki

JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANgKI PENYIMPANAN

saat bahan bakar dipompakan dari truk ke tangki penyimpanan dipastikan bensin akan teraduk, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tangki penyimpanan yang teraduk naik dan ikut masuk ke tangki kendaraan anda. Bisa berakibat fatal lho kalo kotoran itu ikut masuk di tangki kendaraan kita.

Yaa.. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua…

(diambil dari berbagai sumber)

07 Juni 2009

HASIL F1 TURKI 2009

. 07 Juni 2009
0 Komentar

Ada apa dengan Barrichello???

Start dari posisi kedua harus melorot di posisi 12, tidak demikian dengan rekan setimya Jenson Button daapt menyalip Sebastian Vettel setelahVettel melebar di tingkungan.

Sirkuit Istambul Park menjadi saksi kemenangan Jenson Button yang ke-6 tahun ini

Berikut hasil F1 TURKI 2009

1. Jenson Button Brawn-Mercedes 1.26.24.848
2. Mark Webber RBR-Renault
3. Sebastian Vettel RBR-Renault
4. Jarno Trulli Toyota
5. Nico Rosberg Williams-Toyota
6. Felipe Massa Ferrari
7. Robert Kubica BMW Sauber
8. Timo Glock Toyota
9. Kimi Räikkönen Ferrari
10. Fernando Alonso Renault
11. Nick Heidfeld BMW Sauber
12. Kazuki Nakajima Williams-Toyota
13. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
14. Heikki Kovalainen McLaren-Mercedes
15. Sebastien Buemi STR-Ferrari
16. Nelsinho Piquet Renault
17. Adrian Sutil Force India-Mercedes
18. Sebastien Bourdais STR-Ferrari
19. Rubens Barrichello Brawn-Mercedes (out)
20. Giancarlo Fisichella Force India-Mercedes (out)

06 Juni 2009

HASIL KUALIFIKASI F1 TURKI 2009

. 06 Juni 2009
1 Komentar

Seri ke-7 kali ini diselenggarakan di Negara Turki. Sejak hari jum’at kemaren atau tepatnya tanggal 5 Juni 2009, para pembalap beserta tim mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik.

Petang hari ini atau tepatnya mulai pukul 18.00 dilaksanakan babak kualifikasi. Perebutan pole position seri ini begitu menegangkan, saat waktu habis dan beberapa pembalap menyelesaikan sisa balapannya. Button yang sebelumnya berhasil menempati posisi pertama, akhirnya harus rela menempati posisi kedua digeser oleh Sebastian Vettel.

Berikut hasil kualifikasi F1 TURKI 2009

1. Sebastian Vettel RBR-Renault 1.28.316
2. Jenson Button Brawn-Mercedes
3. Rubens Barrichello Brawn-Mercedes
4. Mark Webber RBR-Renault
5. Jarno Trulli Toyota
6. Kimi Räikkönen Ferrari
7. Felipe Massa Ferrari
8. Fernando Alonso Renault
9. Nico Rosberg Williams-Toyota
10. Robert Kubica BMW Sauber
11. Nick Heidfeld BMW Sauber
12. Kazuki Nakajima Williams-Toyota McLaren-Mercedes
13. Timo Glock Toyota
14. Heikki Kovalainen McLaren-Mercedes
15. Adrian Sutil Force India-Mercedes
16. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
17. Nelsinho Piquet Renault
18. Sebastien Buemi STR-Ferrari
19. Giancarlo Fisichella Force India-Mercedes
20. Sebastien Bourdais STR-Ferrari

Balapan akan dilaksanakan besok 7 juni 2009 jam 19.00 WIB

02 Juni 2009

Karakter Mesin

. 02 Juni 2009
2 Komentar



Dalam dunia otomotif khususnya mengenai mesin, terdapat istilah diameter x stroke. Maksudnya diameter piston dan stroke artinya langkah piston. Stroke disebut juga langkah naik-turun seher dari TMA (Titik Mati Atas) sampai TMB (Titik Mati Bawah).

Dari rasio antara diameter (bore) dan langkah (stroke),didapatkan sifat mesin. Oversquare jika bore dibagi stroke angkanya lebih dari satu. Tapi jika bore dibagi stroke angkanya kurang dari satu, disebut undersquare. Kalo ukuran bore dan stroke sama, namanya square

Di beberapa negara, perbandingannya terbalik. Misal di Finlandia perbandingin stroke terhadap bore. Jadi ukuran stroke ditaruh di atas, bahasa matematika disebut pembilang. Sedang bore sebagai pembaginya, atau penyebut. Istilah mesin yang langkah pistonnya lebih panjang dari diameter piston, disebut longstroke. Jika sebaliknya, disebut shortstroke

Kini bicara sifat mesin oversquare dibanding undersquare. Contohnya mesin oversquare Suzuki Smash 110. Sedang mesin undersquare ada di Shogun atau Spin. Mesin oversquare atau shortstroke disebut rasio positif. Disebut demikian karena stroke pendek friksi atau hambatan geseknya kecil. Kerja kruk-as lebih ringan. Selain itu, mesin oversquare lebih awet.

Cukup dengan sedikit teknologi atau dikorek, kecepatannya bisa lebih tinggi dibanding mesin undersquare. Namun mesin oversquare dibanding torsinya di kecepatan rendah lebih kecil ketimbang mesin undersquare.

Ini dikarenakan torsi didapat dari daya yang dihasilkan oleh lontaran bandul kruk-as. Makin jauh jarak dari titik pin setang piston ke poros kruk-as, atau panjang langkahnya, torsi makin besar. Sekarang tinggal menghitung rasio diameter dan langkah piston motor anda. Nanti anda dapat menyimpulkan bahwasannya motor anda, motor oversquare atau undersquare, longstroke atau shortstroke