Selasa, 17 Maret 2009

Bagaimana Mengundurkan Diri dengan Professional

Ternyata banyak lho yang agak-agak nervous tentang bagaimana ya caranya bilang ke boss atau kalau kita mau mengundurkan diri?

Apalagi kalau anda ternyata sudah agak lama bekerja ditempat kerja itu, pasti dong kepikiran untuk mengundurkan diri dengan cara yang baik, elegan dan profesional serta meninggalkan kesan yang baik ditempat kerja yang lama.

Saran dibawah ini didapet dari pengalaman sendiri plus saya pelajari dari temen-temen yang mengundurkan diri ditambah sedikit-sedikit inspirasi dari browsing di internet:


  • Berikan surat pengunduran diri sesuai dengan peraturan perusahaan (biasanya 30 hari).

    Yang ini sih sudah pasti, karena anda pasti tidak mau kena sangsi karena melanggar kontrak yang sebelumnya sudah ditandatangani sewaktu baru masuk kerja.
    Beritahu atasan anda secara personal (kalau memungkinkan)

    Bisa dengan telepon atau beritahu langsung kepada atasan anda sebelum memberitahu rekan-rekan kerja yang lain. Anda pasti gak mau bikin bos tersinggung karena dia tau paling belakang..5.

  • Jangan takut atasan anda bersikap tidak professional

    Ini ni yang paling sering aku denger dari temen-temenku yang mau mengundurkan diri, tentang bagaimana reaksi atasan. Hmm, atasan kita sudah pasti professional kali ya (atau kit anggap saja begitu), jadi gak perlu takut. Atasan yang baik senang melihat bawahannya bisa meniti karir yang lebih baik, walaupun mungkin mereka sedikit kecewa karena pengunduran diri anda. Ucapkan terima kasih atas kesempatan belajar yang anda dapatkan yang mebuat anda bisa mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik.

  • Ucapkan terima kasih pada semua atasan anda dan juga rekan kerja

    Ya. Semua rekan kerja. Tanpa kecuali, walaupun ada rekan kerja yang anda benci dan anda sudah sangat gak sabar untuk segera berhenti dari tempat kerja karena dia. Anda akan membutuhkan referensi yang baik dari tempat kerja anda karenanya sangat tidak perlu untuk meninggalkan permusuhan di tempat yang lama.


  • Anggaplah semua pertanyaan dari Human Resources sebagai wawancara resmi

    Ketika anda ditanya oleh Human Resources tetang kenapa anda mengundurkan diri, jawablah dengan positif “untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik” Kemudian bicaralah tentang betapa anda menyukai bekerja dengan perusahaan anda sekarang dan bahwa anda banyak belajar dari pekerjaan anda saat ini. Seringkali karena sudah merasa akrab kita jadi kayak curhat sama mereka yang mungkin saja jadi salah ngomong dan membuat kita kelihatan tidak professional.

    • Jangan menyebarkan berita mengenai detail pekerjaan baru anda kepada siapapun

      Kadang-kadang ada teman kerja yang akan berusaha bertanya berapa gaji anda di tempat kerja baru dan informasi lainnya. Tetaplah bertahan dan jangan sampai membocorkan rahasia perusahaan baru anda, tolaklah dengan halus bahwa gaji anda “beda-beda dikit aja”

    • Fokus pada kesempatan baru anda di tempat kerja baru - bukan pada pekerjaan lama

      Sekali anda mengundurkan diri, maka anda sudah jadi sejarah saja. Mungkin yang tadinya teman akrab akan lupa pada anda di kemudian hari. Jadi tidak perlu berfokus pada pekerjaan lama anda, fokuslah pada pekerjaan dan kesempatan baru yang menanti anda. Lagian di tempat kerja baru nanti pasti akan perlu waktu untuk beradaptasi, jadi lebih baik mempersiapkan mental dulu.